Pj Bupati Barsel Pimpin Apel Pengamanan Pilkades Tahun 2022

BUNTOK,halodayak.com – Dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten bersama Polres Barito Selatan (Barsel) menggelar apel penggeseran pasukan untuk memaksimalkan kesiapan personel di daerah tersebut.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana Sos menyampaikan, bahwa sebelum di terjunkan untuk melaksanakan pengamanan Pilkada, apel bertujuan untuk membekali personel agar terselenggarnya pilkades yang aman lancar dan damai.

Menurutnya, agenda demokrasi seperti penyampaian pendapat di muka umum kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung oleh publik, guna memilih kepala desa adalah tanggung jawab bersama sebagai warga negara Republik Indonesia.

Pemilihan kepala desa, dapat dikatakan sebagai penanda utama demokrasi karena masyarakat di ajak untuk ikut serta menentukan pemimpinnya pada periode mendatang.

Pilkades serentak Tahun 2022 lanjut dia, memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing wilayah yang melaksanakannya. Kondisi itu, akan menuntut pada adanya upaya maksimal dari masing-masing calon kepala desa dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya untuk memenangkan pemilihan kepala desa di desanya masing-masing.

Dalam kacamata Kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan. Diantaranya yang cukup menjadi perhatian bagi polri adalah pemanfaatan politik identitas yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran hoax yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di masyarakat.

Untuk itu, Polri harus mengedepankan kegiatan preventif dan prinsip yang didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum serta melalui fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas khusus yang menangani masalah yang terjadi di masyarakat selama gelaran Pilkada serentak Tahun 2022 di kabupaten Barito Selatan.

Dalam kesempatan itu, selaku Penjabat Bupati Barito Selatan mengucapkan terima kasih kepada Polri dalam hal ini Polres Barito Selatan yang telah berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pilkades serentak Tahun 2022, agar dapat berjalan dengan aman lancar dan dalam agenda besar ini.

Tentunya dengan mengamankan sebanyak 33 TPS yang tersebar di 17 desa dan 5 kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Barito Selatan, personil menjamin keamanan ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pilkades serentak di kabupaten Barito Selatan Tahun 2022.

Ia juga menyampaikan, beberapa penekanan untuk dipedomani dan di laksanakan, sinergitas dengan stakeholder lainnya guna mewujudkan Pilkades yang aman lancar dan damai, netralitas dari tindakan yang dapat mencederai netralitas dalam penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2022.

“Dorong seluruh elemen baik dinas sosial sebagai panitia pelaksana di tingkat kabupaten, panitia pelaksana Pilkades tingkat desa, masa pendukung, media, tokoh masyarakat serta pengawas Pilkades untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai peraturan yang berlaku empat melakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional guna menjamin stabilitas Kamtibmas yang kondusif,”terangnya.

Sementara itu Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman SIK mengatakan, bahwa pihaknya siap mengamankan Pilkades serentak 2022 di 17 Desa di 5 Kecamatan yang ada di Barsel.

“Kami siap untuk mengamankan pilkades. Kami juga bersinergi dengan elemen lainnya untuk mem back up kegiatan ini,”tutupnya. (zai)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir