Pj Bupati Barsel Harapkan Stakeholder Perkuat Sinergitas

Buntok-Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana meminta stakeholder di wilayah setempat memperkuat sinergitas dalam upaya mewujudkan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di daerah itu berjalan dengan aman, lancar dan damai.

“Karena pada 17 Nopember 2022 nanti akan dilaksanakan pilkades di 17 desa yang tersebar dilima kecamatan,” katanya saat memimpin apel gelar dan pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades Serentak 2022, di Buntok, Selasa (15/11/2022).

Dikatakannya, pilkades serentak tahun 2022 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas dimasing-masing wilayah yang melaksanakannya.

Menurut dia, hal itu disebabkan adanya upaya maksimal dari masing-masing calon kepala desa dalam berkompetisi secara ketat meraih suara sebanyak-banyaknya untuk memenangkan pilkades di desanya masing-masing.

“Dalam kacamata Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan,” terangnya.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Polres Barito Selatan yang telah berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2022 ini dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

Lisda juga menyampaikan, apel gelar dan pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak ini bertujuan untuk memaksimalkan kesiapan personel sebelum diterjunkan melaksanakan pengamanan.

“Dengan adanya pergeseran pasukan pengamanan tersebut, diharapkan pelaksanaan pilkades serentak di daerah ini bisa terlaksana dengan aman, lancar dan damai serta berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Lisda Arriyana.

Sementara Kapolres Barito Selatan, AKBP Yusfandi Usman menambahkan, untuk jumlah personel kepolisian yang diturunkan untuk pengamanan pilkades di 17 desa yang tersebar dilima kecamatan ini sebanyak 90 orang.

“Disamping anggota kepolisian, kita juga dibantu personel dari Kodim 1012 Buntok untuk pengalamanan pelaksanaan pilkades pada 17 Nopember 2022 nantinya,” tambahnya.

Yusfandi Usman berharap, pelaksanaan pilkades serentak ini berjalan dengan aman, tentram dan diimbau kepada seluruh calon kepala desa harus legowo apabila kalah dalam pemilihan nantinya.

“Bagi calon yang menang jangan terlalu percaya diri, karena bagi calon yang menang tugasnya harus melayani masyarakat di desanya masing-masing,” demikian Yusfandi Usman.

Acara apel gelar dan pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak tahun 2022 yang berlangsung dihalaman Mapolres Barsel itu dihadiri Dandim 1012 Buntok, forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat. (zai)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir