Peringati HOD, Pemprov Baksos Bersihkan Tempat Ibadah

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Memperingati Hari Otonomi Daerah (HOD) ke XXVII tahun 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan bakti sosial (Baksos) pembersihan tempat ibadah. Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun 2023 ini mengusung tema Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng H. Nuryakin mengatakan, penyelenggaraan otonomi daerah melalui pendelegasian sebagian dari wewenang urusan pemerintahan yang bersifat konkruen ialah untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal.

“Hal itu dilakukan dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD), serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan,” ucapnya, Jumat (14/4/2023).

Ia menyebut, penyelenggaraan otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Pusat terhadap daerah. Guna mendekatkan layanan kepada masyarakat, sehingga meningkatkan daya saing daerah, melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah, untuk mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia menyebutkan, kegiatan pembersihan tempat ibadah memiliki tujuan untuk lebih memberikan kenyamanan dalam beribadah di bulan Ramadan.

“Ini dilakukan agar tempat ibadah selalu bersih, rapi, dan indah karena keberhasilan ialah sebagian dari iman,” ujarnya.

Nuryakin juga menyampaikan, pentingnya dilakukan di bulan Ramadan, sebab bulan Ramadan ialah bulan penuh berkah dan pahala.

“Dengan membersihkan lingkungan dan tempat ibadah, kita telah menunjukkan kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap tempat suci digunakan untuk beribadah,” tandasnya. (Uni/Vgs)

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir