Petani Punya Tanggung Jawab Jaga Kebersihan Saluran Irigasi

KUALA PEMBUANG, HALODAYAK.COM – Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto mengungkapkan, bahwa petani juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan keberadaan saluran irigasi yang ada di wilayah setempat. Maka dari itulah, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat petani yang ada di wilayah setempat agar turut bersama-sama memelihara dan menjaga kebersihan saluran irigasi pertanian.

“Kerja sama antara masyarakat petani dan pemerintah daerah dalam hal saluran irigasi pertanian ini sangat diperlukan. Karena saat inikan saya lihat banyak salurah irigasi kita yang sudah bersih. Dalam situasi ini, masyarakat petani juga mempunyai kewajiban atau tanggung jawab untuk memelihara saluran irigasi tersebut,” katanya, Senin (29/5/2023).

Ia menjelaskan, yang paling terpenting adalah masyarakat petani jangan sampai membuang sampah ataupun limbah lainnya ke saluran irigasi pertanian yang pada akhirnya membuat saluran tersebut menjadi penuh dengan sampah dan tersumbat, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Terlebih, saluran irigasi sendiri mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung sektor pertanian di wilayah setempat. Karena saluran tersebut berfungsi untuk pengairan dan pencegah banjir bagi lahan pertanian.

“Harus ada kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, karena kalau tidak begitu akan sulit juga. Kita harus mempunyai rasa tanggung untuk memeliharanya, karena selama ini pemerintah rutin melakukan pembersihan,” jelasnya. Rfi/Hdk

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir