Mantapkan Kesadaran Wawasan dan Karakter Bangsa melalui PWK

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) salah satu upaya  untuk menggugahkan kesadaran elemen bangsa agar berwawasan dan berkarakter kebangsaan. Pasalnya, kesadaran tersebut dalam dunia pendidikan, dunia pers, dunia usaha, para penyelenggara Negara, dan elemen masyarakat lainnya sangat penting untuk menjaga keutuhan bangsa.

Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik (Perhukpol) Herson B. Aden menyampaikan, pemantapan wawasan kebangsaan merupakan pedoman yang mengarahkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menuju masa depan yang dicita-citakan bersama bangsa Indonesia. Melalui pemantapan wawasan kebangsaan dapat menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

“PWK penting terintegrasi dengan pendidikan karakter kebangsaan. Persoalan Wawasan Kebangsaan Indonesia tidak dapat selesai apabila tidak dimulai dari pembentukan karakter kebangsaan yang benar dan baik. Kita menginginkan bangsa Indonesia yang dapat memahami diri dan lingkungannya yang dilandaskan pada Nilai-Nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Pemahaman ini harus menjadi karakter bangsa Indonesia,” ucapnya di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (4/10/2023).

Herson menyebut, pemantapan wawasan kebangsaan dan karakter bangsa dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Begitu pula memasuki Pemilu dan Pilkada serentak di tahun 2024 mendatang, Herson berharap masyarakat Kalteng dapat menyalurkan aspirasi dan partisipasi politiknya untuk memilih pemimpinnya, serta mengikuti berbagai tahapan pesta demokrasi tersebut dengan tertib, aman, dan kondusif.

“Pemantapan itu dapat dilakukan melalui pendidikan, pembudayaan, pemberdayaan, kerja sama dan keteladanan, serta kegiatan sosialisasi seperti kali ini. Serta sebagai salah satu darma bakti kita bersama untuk terus memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka membangun kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kalteng,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Uria Nanyu Lujen menyampaikan, PWK juga bagian untuk membentuk pendidik sebagai kader wawasan kebangsaan yang mampu memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan bagi siswa melalui proses pendidikan di sekolah.

“Juga yang dapat membentuk jiwa didik untuk bangga sebagai bangsa Indonesia, bangga bertanah air Indonesia, dan mampu berkarya untuk bangsa,” tandasnya. (Uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir