Dewan Dorong Peningkatan Mutu Pendidikan di Kalteng

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Peningkatan Mutu Pendidikan di Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk masa depan yang lebih baik. Hal ini tentunya harus gencar dilakukan demi menghasilkan generasi yang lebih baik di masa akan datang.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng, Sri Neni Trianawati mengatakan, saat ini meningkatkan sebuah mutu pendidikan sangatlah penting. Karena itu perlunya peran dan sinergitas bersama baik dari segi pemerintah provinsi (Pemprov), kabupaten, dan kota.

“Oleh karena itu, perlu berkolaborasi dengan lembaga pendidikan dan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut, karena ini adalah kunci untuk menjadikan generasi muda yang berkualitas dan siap berkontribusi pada pembangunan daerah,” ucapnya, di Palangka Raya, Minggu (26/11/2023).

Menurutnya, pendidikan bermutu adalah sistem pendidikan yang memberikan standar dan kualitas tinggi dalam pendidikan, baik dari segi pengajaran, pembelajaran, maupun pengembangan pengetahuan dan keterampilan. Sehingga pendidikan bermutu dapat dicapai melalui beberapa faktor utama seperti guru berkualitas, sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, evaluasi, dan pemantauan.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, karena masih banyak kekurangan sarana dan prasarana pendidikan serta kekurangan guru khususnya di daerah pelosok. Oleh karena itu, pemerintah perlu meningkatkan mutu pendidikan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan.

“Kami berharap adanya peningkatan mutu pendidikan di Kalteng, generasi muda dapat memperoleh ilmu dan keterampilan yang berkualitas dan pada akhirnya dapat melahirkan generasi penerus yang siap mengambil peran aktif dalam pembangunan daerah secara keseluruhan,”tuturnya.

Lebih lanjut,  ia menyampaikan, mutu pendidikan memerlukan kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat. Pemerintah harus meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai faktor seperti guru berkualitas, sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, evaluasi, dan pemantauan.

“Sehingga peningkatan mutu pendidikan yang baik, generasi muda Kalteng akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pembangunan daerah di masa depan,” pungkasnya. (Uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir