Wagub Sebut Capaian Target TA 2023 Masih Rendah Realisasinya

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Realisasi anggaran fisik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), baik itu pemerintah kabupaten (Pemkab) dan kota se-Kalteng masih belum mencapai target pada Tahun Anggaran 2023 hingga 31 Desember 2023.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng mengatakan, untuk semua peran perangkat daerah provinsi dan kabupaten kota yang masih rendah realisasinya. Maka perlunya melakukan langkah-langkah perbaikan dalam pengelolaan anggarannya agar tercapai target yang sudah ditetapkan.

“Sehingga percepatan realisasi anggaran menjadi perhatian serius, karena akan berdampak terhadap laju pembangunan, pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan pelayanan masyarakat. Seluruh pihak perlu berkolaborasi mendorong percepatan realisasi anggaran dengan melakukan penyerapan anggaran secara cepat dan tepat sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya saat membuka Rapat TEPRA Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng tahun 2024 di salah satu hotel Palangka Raya, Kamis (18/1/2024).

Wagub menuturkan, Tidak hanya mempercepat realisasi anggaran, tetapi juga mengimbau agar perangkat daerah provinsi maupun kabupaten/kota mengoptimalkan belanja pengadaan barang/jasa untuk produk-produk buatan dalam negeri.

“Yang diharapkan hal tersebut dapat berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional dan daerah serta pertumbuhan Industri Kecil Menengah dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ujarnya.

Wagub Kalteng memberikan penghargaan bagi pengelola TEPRA yang mencapai target realisasi anggaran. Adanya penghargaan tersebut dapat memacu semangat para pengelola TEPRA dalam mencapai hasil yang membanggakan demi kemajuan percepatan roda pembangunan di Kalteng.

Sehingga mampu menjaga keseimbangan keuangan di era pembangunan yang pesat merupakan tantangan yang sangat besar bagi setiap pemerintah daerah. Pengelolaan anggaran yang baik dan realisasi anggaran yang cepat dan tepat merupakan suatu keharusan.

“Oleh karena itu, melalui kerjasama dan komitmen semua pihak, penyediaan pelayanan masyarakat dapat mencapai target yang diharapkan. Tentunya selain itu dapat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Uni/Vgs)

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir