Optimalkan Optimalkan Potensi Peternakan untuk Penuhi Kebutuhan DaerahPotensi Peternakan untuk Penuhi Kebutuhan Daerah

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Pengembangan sektor peternakan di Kalimantan Tengah (Kalteng) oleh semua level pemerintahan baik provinsi, kabupaten dan kota. Pasalnya, memiliki potensi besar untuk dikembangkan selain sektor pertanian.

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng Natalia mengatakan, selama ini, sektor peternakan masih bergantung pada provinsi luar. Oleh karena itu, pengembangan sektor peternakan sangat penting untuk meningkatkan diversifikasi ekonomi dan memenuhi kebutuhan daerah.

“Kalteng memiliki potensi besar untuk menjadi pusat produksi peternakan yang mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal dan nasional. Karena mengingat wilayah ini memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah,” katanya, di Palangka Raya Kamis (22/2/2024).

Ia menyampaikan, untuk memaksimalkan potensi ini, Pemda perlu memanfaatkannya dengan baik. Seperti mengembangkan peternakan sapi, dan bekerja sama dengan peternak serta stakeholder terkait lainnya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sektor peternakan.

“Maka pentingnya peningkatan kapasitas peternak melalui pelatihan dan pendidikan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, peternak dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk peternakan,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menyebut, peningkatan kapasitas peternak, sektor peternakan di Kalteng dapat menjadi kontributor yang signifikan bagi perekonomian daerah serta pemenuhan kebutuhan daerah.

Dengan begitu pengembangan sektor peternakan yang baik, Kalteng dapat meningkatkan diversifikasi ekonomi dan pemenuhan kebutuhan daerah.

“Hal ini penting untuk menciptakan lingkungan sosial-ekonomi yang lebih stabil dan berkelanjutan, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kalteng,” pungkasnya. (Uni/Vgs)

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir