Ivo: Pasarkan UMKM Kalteng melalui platform digital

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Pada era digital yang semakin berkembang, peran teknologi menjadi sangat penting. Terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas pasar dan meningkatkan perekonomian.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Yulistra Ivo Sugianto Sabran menekankan, pentingnya melek teknologi untuk para pelaku UMKM di wilayah tersebut. Salah satu cara untuk memanfaatkan teknologi adalah dengan memanfaatkan platform digital dalam pemasaran produk.

“Saat ini sudah banyak platform digital yang bisa digunakan untuk memasarkan produk UMKM secara online. Salah satu contohnya adalah tokoh kalteng berkah e-commerce, suatu platform digital yang dikembangkan khusus untuk menjual produk-produk asal Kalteng,” katanya, di Palangka Raya Jumat (23/2/2024).

Ivo mengatakan, selain itu, terdapat pula aplikasi Tabe, sebuah aplikasi pangan berkah yang memudahkan dalam mencari lokasi petani dan juga UMKM yang berada di Kalteng. Namun, tidak hanya bagi para pelaku UMKM, teknologi juga penting bagi generasi muda sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian.

Sementara itu, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PAUD Provinsi Kalteng Hj. Nunu Andriani Edy Pratowo mengajak, para generasi muda, terutama kaum milenial, untuk ikut serta dalam membuka lapangan kerja baru, bukan hanya menunggu lapangan kerja yang tersedia. Hal ini menjadi sangat penting mengingat semakin ketatnya persaingan dunia kerja dan semakin banyaknya jumlah pencari kerja berbanding jumlah lapangan kerja yang tersedia.

Oleh karena itu, dengan teknologi yang semakin berkembang, generasi muda diharapkan dapat menjadi inovator dan kreator lapangan kerja baru sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian daerah. Melihat hal tersebut, peran teknologi dalam meningkatkan perekonomian sudah tidak diragukan lagi.

“Dengan demikian, bagi para pelaku UMKM di Kalteng, penting untuk melek teknologi dan mengoptimalkan pembelian dan penjualan produk secara online. Bagi generasi muda, diperlukan sikap proaktif dalam menciptakan lapangan kerja baru sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perekonomian dan pembangunan daerah,” pungkasnya. (Uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir