Bukan Cuma Tempat Buku, Perpustakaan Juga Pusat Pengetahuan

PALANGKA RAYA HALODAYAK.COM – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng) Duwel Rawing mengatakan, peran perpustakaan sebagai sarana efektif untuk belajar. Pasalnya, perpustakaan bukan hanya tempat menyimpan buku, tetapi juga pusat pengetahuan yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

“Perpustakaan memiliki peran vital dalam meningkatkan aksesibilitas dan keberagaman sumber belajar, dengan adanya perpustakaan, individu bisa mengakses berbagai jenis literatur, mulai dari buku teks hingga jurnal ilmiah. Hal ini membantu memperluas wawasan dan pengetahuan, serta memperkaya pemahaman seseorang terhadap berbagai topik,” katanya, Rabu (7/8/2024).

Lebih lanjut, ia menuturkan, perpustakaan menyediakan ruang yang tenang dan kondusif untuk belajar, yang dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Terlebih lagi perpustakaan sebagai sarana belajar memungkinkan masyarakat, termasuk pelajar dan mahasiswa, untuk mengembangkan keterampilan literasi dan penelitian.

“Mereka dapat belajar secara mandiri, menggali informasi lebih dalam, dan mengasah kemampuan analisis mereka. Selain itu, perpustakaan juga menjadi tempat bagi diskusi dan kolaborasi, menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pada era digital seperti sekarang, perpustakaan telah bertransformasi menjadi pusat informasi online yang dapat diakses secara global. Sehingga memperluas cakupan pengetahuan yang bisa dijangkau oleh masyarakat tanpa terbatas oleh batas geografis.

“Dengan demikian, perpustakaan tidak hanya menjadi tempat fisik, tetapi juga menjadi ruang virtual yang memfasilitasi pembelajaran jarak jauh,” tambahnya.

Ia menambahkan, pentingnya dukungan pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan perpustakaan.

“Investasi dalam infrastruktur perpustakaan, koleksi bahan bacaan yang berkualitas, dan sumber daya lainnya adalah kunci untuk memastikan perpustakaan terus berperan sebagai motor penggerak peningkatan kualitas pendidikan dan pengetahuan masyarakat,” pungkasnya. (Uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir