Kalteng Gagas Program Pendidikan Revolusioner, Kuliah dan Sekolah Gratis

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kalimantan Tengah (Kalteng) M. Reza Prabowo mengumumkan peluncuran dua program inovatif yakni kuliah gratis untuk 10.000 mahasiswa dan sekolah gratis untuk lebih dari 97.000 siswa di jenjang SMA, SMK, dan SLB.

“Dengan program ini, kita menunjukkan bahwa Kalteng memiliki pemimpin yang peduli terhadap pendidikan. Gubernur H. Sugianto Sabran telah memimpin inisiatif ini, yang menggratiskan pendidikan untuk tingkat SMA dan setara, serta menawarkan kuliah gratis bagi 10.000 mahasiswa. Ini adalah langkah signifikan, mengingat setiap tahun Kalteng meluluskan hampir 30.000 siswa,” ujar Reza saat diwawancarai awak media usai kegiatan pembukaan Jambore Pendidikan dan Jambore Pemuda di GOR Serbanguna Indoor Palangka Raya, Sabtu (26/10/2024) malam.

Menurutnya, program ini dapat mengurangi sepertiga dari angka lulusan SMA kelas 3 yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Disdik Kalteng telah menjalin kerja sama dengan 32 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di daerah tersebut.

“Kami telah menandatangani MoU dengan semua pimpinan perguruan tinggi untuk memberikan kuliah gratis bagi 10.000 mahasiswa. Saya mengapresiasi komitmen mereka dalam mengurangi biaya pendidikan. Sebagian besar biaya akan ditanggung oleh Pemprov Kalteng, sebagai hasil kolaborasi antara pemerintah dan universitas-universitas di Kalteng,” imbuhnya.

Kalteng tidak hanya berkomitmen untuk meningkatkan akses pendidikan, tetapi juga berusaha menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif. Program ini diharapkan dapat membuka peluang lebih luas bagi generasi muda Kalteng untuk melanjutkan pendidikan dan meraih masa depan yang lebih cerah. (Uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ikuti kami di

5,928FansSuka
11,220PengikutMengikuti
3,002PelangganBerlangganan

berita terakhir