24.6 C
Palangkaraya
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Dewan Imbau Prioritaskan Desa agar Teraliri Listrik

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Masih banyak desa yang belum dialiri listrik dari 1.571 tersisa sebanyak 395 desa. Pasalnya, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berencana untuk menerangi lebih dari 200 desa dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tahun 2024 ini.

Akan tetapi PLTS tersebut tidak hanya akan menyediakan listrik bagi rumah tangga. Namun juga akan membantu menerangi jalan umum di setiap desa yang terpilih.

“Pengembangan energi terbarukan seperti PLTS ini sebagai energi alternatif bagi beberapa wilayah desa yang di Kalteng. Maka lebih bagus agar tidak mencemari lingkungan, sehingga peran kita mendukung langkah pemprov dalam mempercepat instalasi PLTS di daerah pendesaan yang belum ada listrik,” jelas Anggota DPRD Kalteng Jubair Arifin, di Palangka Raya, Senin (27/5/2024).

Terlebih lagi pada penerapan PLTS di setiap desa yang belum terjangkau sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa yang di Kalteng. Maka tidak adanya akses listrik ke pelosok akan berdampak negatif pada kehidupan sehari-hari warga, terutama dalam hal pendidikan dan ekonomi.

“Namun hal tersebut tidak pernah lepas dari tantangan utama dalam penerangan desa dengan PLTS tidak hanya ada pada segi biaya dan pengaturan regulasi saja. Penting bagi pemerintah daerah mengalokasikan anggaran tambahan untuk memastikan bahwa instalasi PLTS tetap terjaga dengan baik,” pungkas Jubair. (Uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page