22.3 C
Palangkaraya
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Dewan Ingatkan Pemda, Waspada Potensi Karhutla Dini

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng) Siswandi mengingatkan untuk waspada sejak dini. Pasalnya, setiap daerah di Kalteng, baik kabupaten maupun kota, untuk mewaspadai sejak dini potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Meskipun wilayah Kalteng saat ini masih berpotensi turun hujan, namun dengan cuaca panas beberapa hari terakhir. Sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya Karhutla di titik-titik rawan.

“Kewaspadaan akan terjadinya Karhutla ini penting ditingkatkan dan dilakukan sejak dini agar tidak semakin meluas. Pemda melalui instansi terkait supaya memperhatikan hal itu,” katanya, di Palangka Raya, Senin (13/5/2024).

Siswandi menekankan, perlunya instansi terkait melakukan patroli untuk memantau titik-titik rawan yang kerap terjadi karhutla. Maka adanya kegiatan pemantauan dapat mengantisipasi sejak awal.

“Setiap daerah pasti memiliki titik-titik rawan yang sering terjadi Karhutla. Jadi itu harus dipantau dan disiapkan sarana prasarana memadai untuk antisipasi dan penanganan,” ujarnya.

Ia juga mengimbau pemda untuk terus mensosialisasikan bahaya Karhutla kepada masyarakat dan mengingatkan agar tidak membakar lahan dengan sengaja dan sembarangan.

“Kita berharap karhutla di Kalteng tidak selalu terjadi, dan harus bisa ditekan serta ditangani sedini mungkin, karena Karhutla sangat berbahaya bagi kesehatan apabila terjadi kabut asap. Maka langkah-langkah preventif dan responsif dari pemda serta kesadaran masyarakat dalam mencegah terjadinya Karhutla yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan,” pungkasnya. (Uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page