24.6 C
Palangkaraya
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Freddy Ering Dorong Pemerintah Proaktif dalam Penyelesaian Sengketa Lahan

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Ketua Komisi I Dewan (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng) Yohannes Freddy Ering menyoroti perlunya tindakan proaktif dari pemerintah, terutama Provinsi Kalteng, dalam menangani sengketa lahan di daerah ini. Karena penyelesaian sengketa lahan harus dimulai sejak dini, untuk menghindari konflik yang dapat merugikan masyarakat.

“Di dalam penyelesaian sengketa lahan tentu memerlukan sentuhan pemerintah, dan itu perlu dilakukan sejak dini jangan sampai adanya konflik terjadi baru diselesaikan,” tuturnya, Minggu (12/5/2024).

Freddy menuturkan, kurangnya perhatian terhadap penyelesaian sengketa lahan di Kalteng, termasuk masalah plasma, tumpang tindih lahan, dan penyerobotan lahan. Menurutnya, masalah ini seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja jika tidak ditangani dengan serius.

“Mengenai hal tersebut terlepas dari perhatian pemerintah, pihak perusahaan harusnya memiliki itikad baik. Perusahaan mencari nafkah di Kalteng, tapi juga harus memperhatikan masyarakat di sekitarnya seperti menyalurkan plasma, CSR, tidak menyerobot lahan masyarakat, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Ia juga berharap adanya terhadap Raperda tentang Penyelesaian Sengketa dan Konflik Pertanahan. Menurutnya, jika raperda tersebut menjadi Perda Kalteng, hal itu dapat menjadi solusi terbaik bagi semua pihak.

“Yang paling penting adalah menciptakan harmonisasi dan saling pengertian antara perusahaan dan masyarakat. Tentu kita ingin masalah sengketa lahan di Kalteng tidak selalu terjadi,” tegasnya.

Dia menambahkan, maka pentingnya kerjasama antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat dalam menyelesaikan sengketa lahan untuk menciptakan kondisi yang lebih harmonis dan menguntungkan bagi semua pihak. (Uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page