22.3 C
Palangkaraya
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Rio kriswana : Lebaran 2022 Bisa Dongkrak Ekonomi Daerah 25 Persen

Halodayak.com, Palangkaraya – Tahun ini Pemerintah sudah mengizinkan masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran setelah dilarang sejak tahun 2020. Direktur keuangan Jamkrida Kalteng Rio Kriswana memprediksi musim mudik lebaran ini akan meningkatkan perekonomian daerah tujuan mudik hingga 25 persen.

“Perkiraan saya ini (perekonomian daerah berkat Lebaran) naik 20 persen sampai 25 persen,” kata Rio Direktur keuangan jamkrida kalteng Senin (11/4).

Rio kriswana yang juga Menjabat sebagai Wakil ketua umum Kadin kalteng mengatakan momentum libur lebaran telah dinantikan masyarakat daerah. Apalagi selama 2 tahun pandemi, pemerintah melarang mudik lebaran.

“Jadi jelas ini memberikan dampak ekonomi ke daerah dan ini sudah lama ditunggu,” katanya.

Deputi I Kebijakan Strategis, Kementerian Parekraf, Wawan mengatakan berdasarkan historisnya, musim lebaran mampu menggerakkan perekonomian daerah. Tercermin dari adanya peningkatan uang beredar tahun 2021 lalu sebanyak 20 persen.

“Kalau merujuk data Bank Indonesia, ada peningkatan jumlah uang beredar 20 persen ketika mudik lebaran dan bulan Ramadan,” kata dia.

Bahkan di tahun lalu, BI mencatat ada penarikan uang hingga Rp 15,4 triliun per hari di tahun 2021. Sehingga dengan adanya potensi pemudik sebanyak 80 juta bisa memberikan dampak yang lebih besar lagi. Apalagi tahun lalu pemerintah masih melarang mudik lebaran.

“Hampir 80 juta pemudik ini dampaknya luar biasa,” kata dia.

Lebih khusus dari sisi ekonomi kreatif dan produksinya ini dari kriya di tempat wisata tentu akan mendukung momentum pemulihan sektor parekraf. Apalagi tradisi ini dilakukan di tengah kondisi mobilitas yang membaik.

“Sehingga pergerakan ekonomi ini akan tumbuh,” kata dia mengakhiri.

 

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page