22.6 C
Palangkaraya
Senin, Juli 22, 2024
spot_img

Rekomendasi Film tentang Suku Pedalaman, Ada yang di Indonesia!

Setiap suku pedalaman pasti memiliki adat serta budaya yang dilestarikan turun temurun sejak nenek moyang mereka berada. Karena unik, tak jarang dunia layar lebar terinspirasi dengan kisah suku pedalam untuk diangkat menjadi sebuah film.

Dikemas apik dan penuh petualangan, inilah beberapa rekomendasi film dengan latar suku pedalaman bahkan ada yang di Indonesia, lho. Simak, yuk!

1. The Sleeping Dictionary (2003)

https://www.youtube.com/watch?v=qRhj-8ep-JQ&t=2s

Film pertama datang dari The Sleeping Dictionary karya Guy Jenkin yang berlatar di Pulau Kalimantan. Bercerita tentang seorang pria asal Inggris bernama John Truscott (Hugh Dancy) yang merantau ke pedalaman Serawak untuk meneruskan mimpi ayahnya menjadi seorang misionaris bagi suku dayak.

Tiba di sana, ia bertemu dengan budaya yang disebut The Sleeping Dictionary. Selain itu, John juga bertemu dengan perempuan suku setempat bernama Selima (Jessica Alba) yang akan tinggal bersama John untuk mempelajari bahasa dan budaya setempat.

Meski sempat menolak, akhirnya John menerima keputusan tersebut hingga suatu saat John dan Selima semakin dekat dan romantis.

2. End of the Spear (2005)

https://www.youtube.com/embed/YS_RFrmFgyg

Film garapan Jim Hanon ini bercerita tentang seorang misionaris bernama Nate Saint (Chad Allen) dan keempat sahabatnya yang berpetualang ke sebuah wilayah di Ekuador untuk menemui suatu suku yang dikenal sangat kejam dan sadis bernama Waodani.

Nate yang memiliki keahlian dalam menerbangkan pesawat, bertugas untuk menyuplai segala kebutuhan para sahabatnya di wilayah terpencil. Hingga suatu saat, mereka melihat dan mengetahui bahwa salah seorang dari suku Waodani sedang mengikuti mereka.

Hal tersebut membuat Nate memutuskan untuk mengirim makanan untuk suku Waodani agar mereka bisa masuk dan menemui suku tersebut secara langsung. Akan tetapi, hal yang tak diduga terjadi, Nate dan sahabatnya harus mengalami nasib sial dan berusaha menahan serangan dari suku Waodani.

3. Apocalypto (2006)

https://www.youtube.com/embed/ngWBddVNVZs

Film produksi Hollywood yang disutradarai oleh Mel Gibson ini bercerita tentang petualangan suku Maya. Suatu saat, Flint Sky (Morris Birdyellowhead) dan putranya, Jaguar Paw (Rudy Youngblood), yang tengah berburu di hutan Mesoamerika mendapat kabar bahwa desa mereka sedang diserang oleh suku lain yang dipimpin oleh Zero Wolf (Raoul Trujillo).

Sementara itu, istri dan anak Jaguan berhasil melarikan diri dan bersembunyi di suatu goa. Namun, Flint Sky harus tewas karena penyerangan tersebut.

Di sisi lain, Jaguar harus tertangkap bersama penduduk suku lain dan dibawa menuju ke sebuah tempat tawanan perempuan akan dijual sebagai budak sedangkan pria akan dibawa menuju puncak piramida untuk dikorbankan.

4. The Dead Lands (2014)

https://www.youtube.com/embed/Uq6adVUyLTU

Film garapan Toa Fraser ini bercerita tentang seorang pemuda suku bernama Hongi, anak dari kepala suku Maori, yang memutuskan untuk merencanakan pembalasan kepada suku yang dipimpin oleh Wirepa karena telah membunuh ayahnya.

Meski hanya mempunyai sedikit pengikut, Hongi berusaha mencari cara agar bisa mengalahkan suku tersebut.

Kemudian ia berencana untuk memanfaatkan wilayah Dead Land dan mencari keberadaan suku misterius bernama Warrior, yang terkenal sangat kejam agar bisa membantu Hongi untuk mengalahkan suku yang telah membunuh ayahnya.

5. Alpha (2018)

https://www.youtube.com/embed/uIxnTi4GmCo

Film yang disutradarai oleh Albert Hugnes ini bercerita tentang seorang remaja bernama Keda (Kodi Smit-McPhee) yang tengah melakukan petualangan sembari berburu bersama para komplotan orang-orang dewasa.

Saat berburu, ia tak bisa mengendalikan hewan buruannya. Hal tersebut membuat dirinya terjatuh ke dalam jurang yang sangat dalam dan berpisah dengan kelompoknya.

Meski banyak luka di beberapa bagian tubuhnya, ia berhasil sadar dan tetap berusaha kembali untuk pulang pada sukunya. Namun, di tengah perjalanannya ia harus bertemu dengan serigala kelaparan yang berniat untuk memangsanya.

Beberapa film di atas bakal mengajarkan kita sekelumit kehidupan suku pedalaman dengan segala pergolakannya. Semoga kita semakin mengerti tentang keberadaan mereka, ya. Kira-kira, dari film di atas, kamu mau nonton yang mana dulu, nih?

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page