22.6 C
Palangkaraya
Senin, Juli 22, 2024
spot_img

Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2024 Langkah Awal Pilkada

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) menghadiri peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2024 di salah satu gedung wilayah Palangka Raya. Peluncuran ini menandai langkah awal dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

Wagub Kalteng Edy Pratowo menekankan, suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara, Bawaslu sebagai pengawas, dan aparat keamanan TNI-POLRI, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

“Perlu kita sadari bahwa suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU, Bawaslu, dan aparat keamanan, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama, seluruh elemen bangsa,” ucapnya, pada peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2024, Jumat (17/5/2024).

Edy mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang sudah berusia 17 tahun atau pernah menikah agar pada 27 November 2024 nanti berbondong-bondong ke TPS untuk memberikan hak suaranya sesuai pilihan masing-masing dan memastikan diri sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Mari kita sukseskan bersama-sama Pilkada Serentak 2024, dengan berpartisipasi aktif menggunakan hak suara, mewaspadai berita hoaks, black campaign, money politic, isu SARA, dan intimidasi, serta terus menjaga situasi kamtibmas di Kalimantan Tengah khususnya dan Indonesia umumnya, agar senantiasa aman, harmonis, dan kondusif,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kalteng, Sastriadi menyampaikan, peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng merupakan bagian dari sosialisasi untuk menginformasikan kepada masyarakat luas bahwa Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Kalteng dan seluruh stakeholder atas dukungan dan partisipasinya dalam mensukseskan Pemilu 2024 yang baru saja selesai,” kata Sastriadi.

Dia juga berharap agar dukungan dari stakeholder berlanjut pada Pilkada serentak 2024 yang saat ini sudah memasuki tahapan persiapan.

“Untuk bakal pasangan calon perseorangan sampai batas akhir tanggal 12 Mei 2024 untuk pilgub Kalteng dan 13 kabupaten/kota, hanya satu calon perseorangan di Kabupaten Murung Raya yang menyerahkan dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati Murung Raya perseorangan,” terangnya.

Lebih lanjut, tahapan Pilkada akan segera memasuki tahap pemutakhiran data pemilih. Petugas akan berkeliling dari rumah ke rumah atau door to door untuk memutakhirkan data pemilih yang berasal dari DP4 yang baru saja diterima dari Kemendagri pada 2 Mei 2024. Uni

“Oleh sebab itu, kami mengharapkan partisipasi dan dukungan masyarakat agar proses pemutakhiran data pemilih bisa berjalan lancar dan sukses sehingga DPT untuk Pilkada 2024 semakin baik dan berkualitas,” ungkapnya.

Dengan dimulainya tahapan pemilihan ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2024 agar pelaksanaannya berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif. (uni/Vgs)

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page