22.3 C
Palangkaraya
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Pemkab Seruyan Diminta Gali PAD

HALODAYAK, Kuala Pembuang – Pemerintah Kabupaten Seruyan, melalui perangkat daerah terkait diminta lebih jeli dalam menggali sumber-sumber untuk meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini, disampaikan Wakil Ketua I DPRD Seruyan, Bambang Yantoko, menurutnya kerja keras dan kerja cerdas harus dilakukan untuk mendongkrak peningkatan PAD, agar target yang di tetapkan bisa tercapai.

“Harus ada terobosan dengan menggali sumber-sumber pendapatan daerah, yang bisa menambah dan meningkatkan PAD, “ katanya, Selasa (12/4/2022).

Politisi Partai Golkar ini menyebut, banyak sumber sumber potensial yang dapat di gali untuk meningkatkan PAD Seruyan, salah satunya sektor perkebunan.

“Daerah kita kan memiliki potensi perkebunan kelapa sawit yang di kelola Perusahaan Besar Swasta, ini menjadi potensi yang bisa di maksimalkan untuk meningkatkan penerimaan daerah, “ ungkapnya.

 

Ia mencontohkan, sumber PAD yang bisa digali dari PBS kelapa Sawit seperti ijin mendirikan bangunan (IMB) bangunan maupun perumahan di lingkungan perusahaan, pajak air permukaan, pajak penerangan jalan umum dan lainnya.

“Upaya untuk menggali sumber pendapatan daerah di lingkungan perusahaan perkebunan ini, harus dilakukan secara jemput bola dengan turun langsung, “ tuturnya.

 

Disamping itu, perlu dilakukan pendataan terkait potensi penerimaan pajak dan retribusi daerah yang bisa digali dari seluruh PBS, sehingga penerimaan ini dapat dimaksimalkan.

 

 

 

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page