22.6 C
Palangkaraya
Senin, Juli 22, 2024
spot_img

Rapur ke-2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024 Pembahasan LKPJ Gubernur

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Rapat Paripurna ke-2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024 yang diagendakan mendengarkan Pidato Gubernur Kalteng mengenai Rekomendasi DPRD Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Akhir Tahun 2023. Sebelumnya, merupakan tindak lanjut dari Sidang Paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diadakan pada 25 Maret 2024 lalu.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo menyampaikan, DPRD memiliki kewajiban untuk membahas dan menerbitkan Rekomendasi terhadap LKPJ Provinsi. Rekomendasi ini nantinya akan disampaikan oleh DPRD kepada Gubernur dengan tembusan kepada Menteri melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020.

“Rekomendasi DPRD atas LKPJ Gubernur ini merupakan bentuk koordinasi, komunikasi, dan transparansi proses Pemerintahan Daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD. Hal ini sesuai dengan asas otonomi dan tugas pembantuan, dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya saat menyampaikan pidato gubernur di Ruang Rapur DPRD Kalteng baru-baru ini.

Lebih lanjut, Wagub menyatakan,  rekomendasi tersebut menjadi bahan masukan strategis untuk peningkatan kinerja pelaksanaan urusan pemerintahan. Rekomendasi dari DPRD menjadi salah satu bahan penting dalam penyusunan perencanaan, penyusunan anggaran, penyusunan peraturan daerah, peraturan Kepala Daerah, dan/atau kebijakan strategis Kepala Daerah.

“Kami menyambut baik dan menerima Rekomendasi DPRD Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur Akhir Tahun 2023, serta berjanji untuk segera menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan berlaku,” ujarnya.

Wagub mengucapkan, terima kasih atas dukungan seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan tugas pembangunan.

“Oleh karena itu,  senantiasa memberkahi dan meridhoi semua dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab bersama, demi kemajuan Provinsi Kalimantan Tengah yang diharapkan menjadi lebih BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis),” pungkasnya. (Uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page