22.3 C
Palangkaraya
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Wagub: Bersatu untuk Mempelajari dan Memperkuat Potensi Daerah

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Lemhannas RI untuk mempelajari, memahami, dan mengkaji potensi daerah dan berbagai permasalahan yang dihadapi daerah. Terutama pada aspek Asta Gatra, yaitu geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan, yang dilihat dari sudut pandang ketahanan nasional.

Wakil Gubernur (Wagub) H. Edy Pratowo mengungkapkan, apresiasi yang mendalam terhadap kegiatan SSDN Lemhanas RI ini. Menurutnya, kegiatan ini bukan sekadar acara biasa, tetapi merupakan langkah penting untuk mempelajari, memahami, dan mengkaji potensi serta permasalahan yang dihadapi Kalteng.

Lebih lanjut, maka harapannya agar semua pihak terlibat dapat bersikap kooperatif dan mendukung kegiatan ini. Sehingga terlaksana dengan lancar dan memberikan hasil yang baik.

“Saya berharap, kegiatan SSDN PPRA dapat memberikan rekomendasi komprehensif, tidak hanya terkait dengan pertahanan negara, tetapi juga dalam pengelolaan potensi Sumber Daya Alam secara optimal dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng,” ujar Wagub, pada kunjungan studi strategis dalam negeri program pendidikan reguler angkatan LXVI lembaga ketahan nasional RI tahun 2024, di Aula Jayang Tingang, Senin (13/5/2024).

Sementara itu, Mayjen TNI Ramses Lomban Tobing menjelaskan pentingnya peran Lemhannas RI dalam menyelenggarakan pendidikan, menyiapkan kader, dan memantapkan pimpinan tingkat nasional. Ia menegaskan bahwa salah satu kegiatan utama dalam program pendidikan adalah Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN). Kegiatan ini memungkinkan para peserta untuk meneliti secara langsung berbagai persoalan di daerah melalui kunjungan studi, audiensi, dan diskusi.

“Dengan memahami secara mendalam kondisi dan potensi daerah, peserta SSDN diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Mayjen TNI Ramses.

Pertemuan tersebut tidak hanya menjadi momentum untuk bertukar pemikiran dan pengalaman, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam membangun sinergi antara Pemerintah Provinsi Kalteng dan Lemhannas RI. Di tengah kompleksitas tantangan zaman, kolaborasi semacam ini menjadi kunci dalam mengoptimalkan potensi daerah dan menghadapi berbagai perubahan yang terus berkembang. (uni/Vgs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page