22.3 C
Palangkaraya
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

DPRD Gumas Sambut Baik Pencairan ADD Gunakan Aplikasi SIAPDes

KUALA KURUN, HALODAYAK.COM-Deretan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas menyambut baik pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) menggunakan aplikasi Sistem Informasi Akuntabilitas Pemerintah Desa (SIAPDes).

“Saya mengapresiasi pemerintah daerah bahwa pencairan ADD ini sudah melalui aplikasi SIAPDes atau Sistem Informasi Penyaluran Alokasi Dana Desa,” ujar Ketua komisi I DPRD Gumas H Gumer kepada Inikalteng.com, Senin (6/5/2024).

Dia mengakui, SIAPDes Ini merupakan inovasi sangat baik dan perlu diapresiasi. Karena sebelumnya proses pencairan ADD selalu lambat yang akan berdampak pada kinerja pemerintahan desa.

Dengan adanya aplikasi SIAPDes ini, maka penyaluran alokasi dana desa bisa tepat waktu, sehingga aktifitas Pemdes bisa berjalan dengan maksimal. Dan pembayaran hak para perangkat desa tidak terlambat, kata Gumer.

“Kami harap kepada pemdes agar mensiassati, jika ada kendala aplikasi SIAPDes yang Blackspot atau diluar jangkauan jaringan. Hal ini untuk kepentingan pemdes itu sendiri,” ungkap politisi PDI-Perjuangan ini.

Terpisah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Yulius melalui Kabid Pemerintahan dan Desa Inda Setyo Wahono, mengatakan, realisasi pencairan ADD masih dalam tahap verifikasi.

Dia menambahkan, aplikasi SIAPDes ini telah disiapkan oleh pemda setempat. Inovasi ini sangat baik dan dapat memudahkan serta mempercepat bagi Pemdes untuk mengurus administrasi pencairan ADD, jika dibandingkan dengan sistem manual.

“Sistem SIAPDes sudah diterapkan di tahun 2024 ini. Kami terus melakukan upaya agar semua pemdes di Gumas lebih matang dalam penggunaan aplikasi ini. Dan pihaknya sudah menggelar pelatihan sudah kali kedua,”ungkap Inda. (Had/Hdk)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page