23.7 C
Palangkaraya
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Pembalap Wanita Indonesia Prestasi Tingkat Internasional

HALODAYAK.COMWanita pemilik nama asli Allida Alexandra Nurluthvia adalah putri dari pembalap kebanggaan Indonesia, Alex Asmasoebrata.

Alexandra Asmasoebrata. (Instagram/alexandra.asma)

Diusia 12 tahun Andra memulai karir balapnya dengan mengikuti ajang balapan Go Kart kelas 60 cc dan berhasil memenangkan pertandingan tersebut.

Di tahun kemudian perempuan kelahiran 23 Mei tahun 1988 ini menjajal Go Kart 125 cc hingga dapat kesempatan untuk tanding di tingkat ASEAN. Kepiawaian Andra dalam mengemudi membuatnya ditawarkan untuk berpartisipasi di kualifikasi Formula BMW Scholarship yang berlangsung di Spanyol tahun 2004.

Di tahun 2005 Andra berhasil memenangkan tiga perlombaan, ya itu, National Kart Championship 2005, 13th World Championship Junior Rotax Max 2005, dan Formula Campus Asia 2005 di Cina dengan menempati pole position.

Di tahun 2007 sama cewek dengan tinggi 167 cm ini kembali berpatisipasi di pertandingan Go Kart dan Formula Renault Asia.

Di tahun yang sama ia juga mendapatkan rekor MURI pada hari Kartini karena prestasinya sebagai satu-satunya pembalap wanita di Indonesia, bahkan Asia.

Di tahun 2015 Andra sempat menjadi komentator F1 meskipun sudah pensiun sebagai pembalap medio.

Saat ini Andra sudah menikah dengan keponakan Jusuf Kalla, bernama Subhan Aksa, setelah sebelumnya bercerai dengan Dias Baskara Dewantara, putra Mayjen (Purn) TNI Muchdi Purwoprandjono.(el)

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page