22.3 C
Palangkaraya
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Penyusunan RTK Makro, Kunci Urai Persoalan Ketenagakerjaan

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Penataan terhadap ketenagakerjaan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans). Salah satunya dengan melaksanakan penyusunan rencana tenaga kerja (RTK) Makro, yang bertujuan untuk membangun tenaga kerja yang terarah.

 

Pada kegiatan penyusunan RTK yang dilaksanakan oleh Dinas Keternagakerjaan dan Transmigrasi Kalteng, setidaknya ada 45 orang dari 14 kabupaten/kota se Kalteng terlibat. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Farid Wajdi mengatakan, penyusunan RTK Makro dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 28-31 maret 2022.

 

“RTK makro penting untuk pemetaan dunia kerja. RTK makro disusun dalam menghadapi masalah pengangguran, penciptaan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas, hubungan industrial dan kesejahteraan tenaga kerja serta perlindungan tenaga kerja”, tegas Farid, Kamis (31/3/2022).

 

Melalui penyusunan RTK Makro tersebut, diharapkan pembangunan ketenagakerjaan lebih terarah. “Pendampingan penyusunan RTK makro terus dilakukan, karena ini memiliki nilai strategis. Dengan itu, proses pembangunan ketenagakerjaan terarah dalam mewujudkan Kalteng Makin Berkah”, tukasnya.

 

Sementara itu, perencana Madya selaku Koordinator Bidang Perencanaan Ketenagakerjaan Makro Rini Nurhayati mengatakan, penyusunan RTK Makro dalam proses pembangunan ketenagakerjaan sangat penting.  Sebab itu, penyusunan harus dilakukan dengan baik.

 

“Jika penyusunan telah dilakukan, kedepan persoalan ketenagakerjaan akan lebih mudah dikontrol dan diarahkan,” pungkasnya. Hbs

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page