24.6 C
Palangkaraya
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Persiapan Akhir Jelang UCI MTB Eliminator World Cup 2024

PALANGKA RAYA, HALODAYAK.COM – Menjelang seri ketiga UCI Mountain Bike (MTB) Eliminator World Cup 2024 yang akan digelar di Sirkuit SG 1973 Palangka Raya, panitia pelaksana bersama Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Kalteng melakukan peninjauan gladi bersih. Peninjauan ini untuk memastikan kesiapan teknis dan keamanan acara balap sepeda tingkat dunia tersebut.

Ketua Harian Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalteng Rahmat Nasution Hamka menyampaikan, sirkuit yang akan digunakan telah dinyatakan layak oleh tim sertifikasi UCI. “Track pada sirkuit dinyatakan layak dari tim sertifikasi UCI. Pasalnya, sirkuit tersebut tidak berbeda dari tahun sebelumnya,” tuturnya, ketika diwawancarai awak media di Sirkuit SG 1973, Jumat (17/5/2024).

Gelaran UCI MTB World Cup ini menggunakan sistem seri dengan dua putaran, di mana para atlet dari berbagai negara akan mengumpulkan poin. Indonesia menjadi tuan rumah untuk seri ketiga dari delapan seri yang direncanakan.

“Kami telah memenuhi catatan dari hasil risk assessment kemarin. Insya Allah, semua persiapan, termasuk CCTV dan ruang pengawasan, akan lebih sempurna pada H-1,” tambah Rahmat.

Rahmat juga mengimbau masyarakat Kalteng, khususnya yang berada di Palangkaraya, untuk tetap tertib dan mengikuti arahan panitia serta petugas keamanan. Mengingat acara ini bersamaan dengan Festival Budaya Isen Mulang dan dapat ditonton secara gratis, antusiasme masyarakat diprediksi akan sangat tinggi.

“Tempat bagi penonton telah disiapkan dengan sistem buka-tutup. Jika sudah penuh, pintu akan ditutup dan dibuka kembali saat ada kelonggaran. Keamanan akan berkoordinasi dengan panitia untuk mengatur ini,” jelasnya.

Di sisi lain, Direktur Ditpamobvit Polda Kalteng Kombes Pol Elijas menyatakan, pihaknya telah menempatkan 11 ambulans dan medical center di lokasi yang dianggap rawan.

“Kami telah mengidentifikasi enam titik rawan kecelakaan di Sirkuit SG 1973. Namun, secara keseluruhan, sirkuit siap untuk gelaran pada Minggu, 19 Mei,” ujarnya.

Untuk mengamankan acara ini, Polda Kalteng menurunkan 600 personel yang akan dibantu oleh Satpol PP dan organisasi masyarakat (ormas). Kombes Pol Elijas mengingatkan masyarakat yang ingin menonton untuk menjaga diri dan tetap mengikuti arahan keamanan.

“Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan lancar. Kami masih menunggu kedatangan tamu-tamu lainnya, namun persiapan keseluruhan sudah sangat baik,” tutupnya.

Adanya persiapan yang matang dan koordinasi yang baik antara panitia, petugas keamanan, dan masyarakat, diharapkan gelaran UCI MTB Eliminator World Cup 2024 di Palangkaraya dapat berlangsung sukses dan aman. (Uni/Vgs)

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

5,928FansSuka
11,200PengikutMengikuti
3,004PelangganBerlangganan

Latest Articles

You cannot copy content of this page